27 March 2009

Install PC sebagai Router dengan Mikrotik (Bag.1)

Dalam jaringan Lan ataupun Wan sekarang ini sangat membutuhkan sebuah PC untuk dijadikan router server yang ampuh dan mudah dikonfigurasi, mikrotik dapat menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan feature yang hampir dibilang sempurna karena Mikrotik sudah banyak memenuhi kebutuhan untuk menjadikan PC sebagai Router Server, bahkan Mikrotik bisa juga digunakan untuk berfungsi ganda, sebagai Router dan Proxy Server.

Berikut saya akan jelaskan urutan install PC sebagai Router dan Proxy Server.
  1. Langkah Pertama adalah kita menyiapkan PC yang akan digunakan sebagai router server dan dilengkapi dengan minimal 2 ethernet card.
  2. Siapkan CD mikrotik, yang telah diburning ISOnya yang didapatkan dari situsnya Mikrotik.
  3. Setting BIOS anda supanya Booting ke CD-ROOM, kemudian Restart.
  4. Tunggu Beberapa Saat hingga proses Booting selesai, dan akan muncul seperti gambar dibawah ini.
  5. Langkah selanjutnya adalah kita memilih menu yang akan diinstall, disini akan kita pilih System, PPP, Advanced Tools, Security, Webproxy.
  6. Setelah pemilihan menu selesai, selanjutnya kita akan melakukan proses install dengan menekan tombol "i" pada keyboard anda.
  7. Akan muncul warning seperti gambar dibawah ini.
  8. Tekan 'y' untuk lanjut dan tekan 'n' untuk menghapus semua isi hardisk.
  9. Tunggu sampai Proses Install selanjutnya, pada proses akhir install akan ada warning untuk reboot, tekan Enter.
  10. Setelah Proses Booting Selesai kita akan masuk ke proses login Mikrotik.
  11. Untuk login kita akan ditanyakan user dan password, untuk user isikan dengan admin untuk password tidak usah diisi anda langsung tekan Enter.
  12. Agar Mikrotik bisa diremote dari komputer desktop terlebih dahulu kita masukkan ip address Mikrotik tersebut, kita periksa apakah ethernet sudah terdeteksi mikrotik dengan mengetikkan perintah "/interface print" , apabila Lan Card sudah terdeteksi kedua-duanya misalnya Ether1 & Ether2, kemudian kita masukkan IP Adress dengan mengetikkan perintah/ip address add address=192.168.1.1 netmask=255.255.255.0 interface=ether1
  13. Dari komputer dekstop kita buka internet explorer atau mozilla ataupun browser lainnya dan silahkan ketikkan alamat Mikrotik tadi yaitu "192.168.1.1". akan muncul seperti gambar dibawah ini.
  14. Download Winbox.
  15. Buka winbox yang sudah di download tadi, pada tampilan winbox isikan IP address Mikrotik "192.168.1.1", pada login isikan "admin" , password dikosongkan kemudian klik tombol Connect.
  16. Login ke Mikrotik Router Sukses.
Langkah selanjutnya saya akan bahas pada Bagian 2 tulisan mendatang.

2 comments:

Anonymous said...

MANA BAGIAN KE DUA NYA???? NGGA KELUAR2....

Anonymous said...

boleh saya minta email anda:
facebook : herry sanak pagoh,
tau email saya: kulon_lampunk@yahoo.com

Post a Comment